5 Manfaat Silver Ion untuk Kesehatan
Information
03 Dec 2020
Share

Pemakaian silver ion telah lama digunakan sebagai material dasar berbagai jenis alat medis. Pemilihan bahan ini tentu sudah melalui penelitian yang mendalam, dimana partikel perak ini mempunyai kemampuan menjadi elemen anti bakteri terbaik. Maka wajar peralatan medis didominasi alat berbahan perak ini. Bahkan teknologi partikel silver banyak ditemukan pada produk elektronik.


Peran Partikel Silver dalam Menangani Virus
Silver ion spray terbuat dari partikel dari logam perak yang diketahui efektif sebagai antivirus. Terdapat beberapa peran partikel silver dalam memberantas virus, antara lain:

  • Menghancurkan dinding sel-sel virus.
  • Tidak merusak sel tubuh saat mengikat virus. 
  • Merusak proses metabolisme virus dan juga susunan DNA virus tersebut, dengan begitu virus tak bisa berkembang biak kemudian mati.
  • Melepas perlekatan virus dalam sel tubuh Anda. 

 

Beragam Manfaat Silver Ion untuk Membasmi Virus
Menurut hasil sejumlah penelitian terpercaya, terdapat beberapa jenis virus yang mampu diberantas oleh partikel silver ini, di antaranya:

1. Virus Influenza 

Paling tidak ada 4 macam influenza virus, yakni virus influenza D, A, B, dan C. Untuk virus influenza tipe A, B, dan C umumnya menjangkiti manusia dan mengakibatkan penyakit flu. Tapi, akibat dari infeksi virus influenza C ini lebih ringan ketimbang virus influenza B maupun. Sedangkan, virus influenza D cenderung menyerang hewan ternak namun tidak diketahui virus ini dapat menginfeksi penyakit ke manusia atau tidak.

2. Virus Herpes Simplex

Infeksi dari virus ini memungkinkan menimbulkan luka atau lepuhan di area bibir bagian herpes oral atau pada daerah sekitar organ intim. Luka atau lepuhan ini terdapat cairan bening, dan dalam cairan tersebut virus herpes simplex ini berkembang biak. Virus satu ini bisa menular dari kontak fisik secara langsung, yakni saat berhubungan seksual, berciuman, atau memakai peralatan pribadi milik penderita herpes.

3. RSV atau Respiratory Syncytial Virus

Virus yang dapat dihilangkan silver ion selanjutnya adalah RSV, virus jenis ini dapat menyerang saluran pernapasan dan paru-paru Anda. Meski kebanyakan menyerang anak umur 2 tahun di bawah, namun virus ini juga mampu menular pada orang dewasa. Gejala infeksi RSV termasuk ringan seperti halnya flu, disini penderita pilek dan batuk tapi akan hilang dalam waktu 1-2 minggu.

Akan tetapi, virus Respiratory Syncytial ini dapat mengakibatkan infeksi parah pada manula, orang dewasa, bayi prematur, dan anak-anak, yang mana sistem imun dalam tubuhnya lemah ataupun memiliki riwayat penyakit tertentu, misalkan penyakit paru-paru maupun jantung. 

4. HIV atau Human Immunodeficiency Virus

Virus yang dikenal dengan nama HIV ini merupakan virus yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh melemah sehingga penderita rentan terhadap infeksi. HIV ini menular melalui cairan tubuh yang berasal dari orang yang terinfeksi HIV, misalnya ASI, darah, air mani, dan cairan vagina. Bila tidak diobati, infeksi ini akan menyebabkan AIDS, hal ini membuat si penderita terlalu lemah untuk menangkal virus. Jika terjadi AIDS, timbullah ragam gejala.

5. Virus Hepatitis B

Sesuai namanya virus ini menyebabkan penyakit hepatitis B. Virus ini akan menginfeksi organ hati dan tergolong penularan penyakit yang serius. Penyakit tersebut mampu meningkatkan risiko gagal hati, kanker hati, dan bahkan dapat menciptakan kerusakan sirosis yang termasuk berat. Hepatitis B diketahui belum bisa disembuhkan secara keseluruhan, tapi dapat dicegah melalui vaksin dan pencegahan lainnya. 

Karena mampu membasmi aneka virus, partikel silver juga banyak dimanfaatkan dalam pembuatan disinfectant spray. Tak hanya itu, bahan ini juga banyak ditemukan dalam bahan baku alat-alat rumah tangga, contohnya pembersih udara, kulkas, sikat gigi, mesin cuci, dan pengering rambut.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda