3 Jenis Masker Medis Bisa Dicuci
Information
09 Jun 2020
Share

Masker kain memang dapat menyangkal persebaran virus Corona, tetapi cara kerjanya tidak terlalu efektif. Menurut data yang dirilis oleh WHO masker kain cocok digunakan oleh masyarakat, tetapi akan lebih baik jika masker medis yang digunakan. Sayangnya masker medis seperti masker bedah kebanyakan sifatnya hanya sekali pakai. Tentu saja jika setiap hari membuang masker biaya yang dikeluarkan untuk membeli masker jadi mubajir. Apa lagi saat situasi pandemi seperti saat ini ekonomi sedang sulitnya. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker medis yang bisa dicuci. Saat ini sudah ada beberapa masker medis bisa dicuci. Jika anda ingin membelinya, berikut beberapa jenis masker yang bisa dicuci. 


Masker N99

Masker N99 termasuk salah satu jenis Masker kesehatan terbaik yang bisa dicuci. Tetapi hal yang perlu diingat disini adalah yang dicuci bagian luarnya saya, bukan keseluruhan lapisan masker. Di dalam setiap masker medis terdapat 3 unsur utama, yakni bagian luar yang anti air, filter, dan kain bagian dalam. Jadi saat anda ingin mencuci masker tersebut, maka anda harus melepaskan filternya terlebih dahulu. Filter pada masker N99 tidak bisa dicuci, melainkan harus diganti. Setelah filter tersebut dilepaskan, baru anda bisa mencuci bagian luar dan bagian dalam dari masker N99 tersebut. Walaupun bisa dicuci, tidak disarankan untuk mencuci masker ini berulang – ulang. Dalam mencegah penyebaran virus Corona, lebih baik mengganti masker tersebut. 


Masker N95

Masker N95 juga kini banyak yang dirancang agar bisa dicuci. Saat ini sudah banyak produsen masker yang mengembangkan masker medis bisa dicuci . Namun sama seperti masker N99 sebelumnya pencucian masker tidak dilakukan keseluruhan, tetapi hanya pada bagian kain dan bagian luarnya saja. filter yang disematkan pada masker N95 adalah filter yang sifatnya perlu diganti secara berkala. Namun walaupun filter tersebut tidak dapat dicuci, filter tersebut dapat digunakan hingga pemakaian 1 sampai 3 bulan. masker N95 dapat digunakan hingga 3 sampai 5 kali pakai untuk aktifitas sehari – hari. Namun untuk tim medis yang berhadapan langsung dengan pasien Corona, maka masker ini hanya cocok 1 kali pakai saja.


Masker R99

Jenis masker lain yang juga bisa digunakan untuk menangkal virus Corona, dan juga bisa dicuci adalah masker R99. Masker yang satu ini dirancang untuk mencegah partikel debu atau polutan yang berbasis minyak. Dengan menggunakan masker yang satu ini maka pernapasan anda bisa terlindung dengan baik. Masker yang satu ini juga bisa dicuci hingga beberapa kali, tetapi tetap saja yang dicuci hanya bagian luarnya saja. filter yang terdapat di dalam masker harus diganti sesering mungkin, untuk meningkatkan kinerjanya.  Itu lah beberapa masker medis bisa dicuci.

 


Source:

https://www.unicef.org/drcongo/en/press-releases/1-million%20protective-masks-vulnerable-communities-COVID-19

https://www.who.int/indonesia/news/detail/06-03-2020-media-statement-the-role-and-need-of-masks-during-covid-19-outbreak
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda